Jumat, 29 Maret 2013

CERITA WAKTU DIRUMAH SAKIT 

          Kemarin aku dan suamiku sama-sama masuk rumah sakit karena sakit Malaria Tropika. Malaria adalah penyakit yang sering dialami disini. Pada awalnya aku ngga mau dirawat dirumah sakit. Alasannya klise takut jarum suntik ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ. Tapi ada juga penyebab lainnya karena suamiku harus kerja jadi aku ngga mau membebaninya. Jika pagi sampai sore kerja dan malam harus menjaga aku dirumah sakit.    
             
              Di Papua ini hanya ada kami berdua. Ada saudara ipar tapi tinggal di propinsi lain. Ada juga saudara sepupu tapi juga jauh. Praktis tidak ada yang dimintai tolong buat jaga. Tetangga..?? Karena banyaknya suku jadi apa ya...?? Sifatnya sudah cenderung acuh tak acuh. Kepedulian antar sesama jadi kurang.

   
                Ternyata berobat di klinik rumahan beda sama di Jawa. Sekarang aku mengerti alasan tetanggaku ngga mau berobat di klinik rumahan. Sakit hanya diketahui lewat keluhan si penderita. Jika cek darah hasilnya sudah diketahui tinggal ditanyai keluhannya. Dokter sama sekali tidak menyentuh pasiennya. Dilihat tensi darahnya sudah selesai. Dokter hanya duduk manis dikursinya nulis resep obat lalu diberikan pada pasien. Tidak ada acara suntik menyuntik. Waktu diperiksa diklinik hasil tes darah dibilang negatif maka dokter menyimpulkan aku sakit typus. Tapi walau minum obat dah berjalan 3 hari ngga sembuh-sembuh maka suamiku membawaku kerumah sakit.
             Waktu itu. Kondisi suamiku juga sedang sakit parah. Jadi praktis kami masuk rumah sakit sama-sama. Kami berdua menderita sakit Malaria Tropika. Resep obat nitip pada keluarga pasien lain yang iba pada penderitaan kami. Aku memilih dirawat diranap 3, kelas ekonomi. Biar murah walau fasilitasnya ngga ada AC, TV dan kulkas. 


               Disampingku ada pasien yang udah uzur yang menderita sakit komplikasi. Aku jadi teringat pada almarhum nenekku. Sifatnya sama seperti nenek kembali seperti anak kecil yang suka merajuk.     Dia ditunggui sama anaknya. Yang bikin aku trenyuh perhatiannya pada mamanya ini sangat-sangat mulia. Dia sayang sekali sama mamanya. Dari membuang Pubnya. Mamanya memakai popok dewasa, membuang pipisnya. Memandikannya. Padahal dia seorang COWOK..!! Karena ranap 3 sangat panas mamanya suka menyuruhnya mengipasinya tanpa henti. Kadang menyuruhnya memijitinya. Dan juga penuh sayang menyuapinya dengan telaten.     Aku suka memperhatikannya.
             
               Suatu hari ibu dan anak ini bertengkar. Ibunya menangis dan anaknya pamit keluar untuk menebus obat buat mamanya. Lalu ibu itu memanggilku.      " Nak...bisakah kau menolongku..?"     Aku memandangnya bingung, вαgαιмαηα αкυ вιѕα мєησℓσηgηуα ‎נιкα αкυ ѕєη∂ιяι ∂ιвєвαт тαℓι ιηƒυѕ ѕαмα ѕєρєятι ∂ιяιηуα.    " Apa yang bisa aku bantu bu..?" Kataku.    " Tolonglah kemarilah.." Katanya sambil mengusap air matanya.    Walau kepalaku rasanya dipukuli palu godam aku ngga bisa menolak permintaan orang sakit. Aku baru saja disuntik malaria waktu itu. Aku lalu duduk disampingnya dan memegang tangannya.     " Nama anakku tadi Michael. Dia anakku nomor 3 " ceritanya " anakku nomor satu dan dua sukses. Tapi dia tidak sayang sama aku. Sudah tahu ibunya dirawat seminggu disini dia tidak mau menjengukku"     " Anak ibu tinggal dimana..? Mungkin dia repot atau.."    Dia tersenyum sinis,     " Dia tinggal dikota ini juga kok nak.."    MasyaAllah...aku tertegun. Ibunya sakit komplikasi gula, asam urat dan apa lagi aku lupa. Walau kondisi dia masih bisa diajak bicara tapi bisa saja sewaktu-waktu dipanggil sama Tuhan YME. Benar-benar keterlaluan anaknya. Apa susahnya datang dan bercakap-cakap walau hanya sepuluh menit saja..?    " Tadi..aku dengar pembicaraan anak dengan Michael.., aku tahu anak itu sejak kemarin tidak makan.." Dia mulai menangis terisak-isak " kudesak makan bilangnya nanti, atau bilangnya sudah makan. Tapi aku tahu dia membohongi aku..."     Iya pemuda itu memang kelihatan makin hari makin pucat. Dia juga tidak kelihatan pergi keluar. Pergi cuma nebus resep ibunya. Yang kutahu dia hanya minum air putih saja. Jika kutanya dia menjawab sedang diet sambil tertawa.     " Dia hanya minum air putih, anakku hanya memberi uang obatku..itupun dipas. Jadi dia tidak punya uang buat makan. Nak bisakah aku minta uang sedikit saja.. buat makan Michael..? " Katanya meratap sambil menangis.     Aku kepikiran biaya rawatku dan suamiku. Aku sampai pinjam sama ibu karena takut kurang. Karena sejak dari bulan november kemarin pengeluaran kami tiada henti. Praktis hampir tidak ada uang tersisa. Apalagi tanggal tua begini. Suami belum gajian pula.    Tapi..aku tak bisa melihat penderitaan ibu dan anak ini juga. Michael juga suka membantuku. Agar aku tak kerepotan dan bangun dari tempat tidur, dia membantuku mengecharge hpku. Mengambilkan aku minum karena mejaku sangat jauh dari tempat tidur. Aku mengeluarkan selembar uang lima puluh ribu.    " Kasihkan ini pada putra ibu.." Kataku lirih.    Ibu itu semakin menangis terisak-isak. Dan mengucapkan banyak-banyak terima kasih. Aku percaya sama keadilan Allah SWT. Dia akan membantuku mengeluarkan permasalahanku nanti. Biaya rawat inap aku dan suamiku. Aku percaya itu...                    
                      
                                                          -=TAMAT=-

7 komentar:

  1. ini beneran ya mba? miris sekali dg nasib anak dan ibunya.dan mba airin sendiri apa malaria tropika nya sdh sembuh? dulu saya juga hampir kena malaria tropika.katanya sih sebabnya karena saya kurang byk gerak dan lingkungan saya tinggal itu agak dingin, jd hrs byk olahraga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini cerita nyata waktu kemarin saya dirawat inap. Anak itu Michael merawat mamanya dengan penuh kasih tanpa mengeluh. Sedikitpun dari bibirnya tidak ada kata-kata kasar. Membentaknya atau memasang wajah masam. Padahal mamanya cerewetnya minta ampun. Sifatnya sudah kembali ke anak-anak. Ia merawatnya dari menyuapinya, memandikannya, membuang pipis dan pubnya. Papua memang epidemiknya Malaria. Jika kurang makan, olahraga, istirahat cukup, kecapean dan ditunjang badan kurang sehat pasti akan terkena cepat atau lambat. Syukurlah saya dan suami saya tinggal pemulihan tenaga saja sekarang.

      Hapus
  2. kasihankasihankasihan

    BalasHapus
  3. Магазин спортивного питания, официальный интернет-сайт которого доступен по адресу: SportsNutrition-24.Com, реализует огромный выбор спортивного питания, которые принесут пользу и заслуги как проф спортсменам, так и любителям. Интернет-магазин производит свою деятельность многие годы, предоставляя клиентам со всей России высококачественное спортивное питание, а помимо этого витамины и специальные препараты - https://sportsnutrition-24.com/aktivnoe-dolgoletie/. Спортпит представляет собой категорию товаров, которая призвана не только сделать лучше спортивные заслуги, но и благоприятно влияет на здоровье организма. Схожее питание вводится в повседневный рацион с целью получения микро- и макроэлементов, витаминов, аминокислот и белков, а также прочих недостающих веществ. Не секрет, что организм спортсмена в процессе наращивания мышечной массы и адаптации к повышенным нагрузкам, остро нуждается в должном количестве полезных веществ. При всем этом, даже правильное питание и употребление растительной, а кроме этого животной пищи - не гарантирует того, что организм получил нужные аминокислоты либо белки. Чего нельзя сказать о качественном спортивном питании. Об наборе товаров Интернет-магазин "SportsNutrition-24.Com" продает качественную продукцию, которая прошла ряд проверок и получила сертификаты качества. Посетив магазин, заказчики смогут получить для себя товары из следующих категорий: - L-карнитинг (Л-карнитин) представляет собой вещество, родственное витамину B, синтез которого осуществляется в организме; - гейнеры, представляющие собой, белково-углеводные смеси; - BCAA - средства, содержащие в своем составе три важнейшие аминокислоты, стимулирующие рост мышечной массы; - протеин - чистый белок, употреблять который вы можете в виде коктейлей; - разнообразные аминокислоты; - а также ряд других товаров (нитробустеры, жиросжигатели, особые препараты, хондропротекторы, бустеры гормона роста, тестобустеры и многое другое). Об оплате и доставке Интернет-магазин "SportsNutrition-24.Com" предлагает большое разнообразие товаров, которое полностью способно удовлетворить профессиональных и начинающих атлетов, включая любителей. Большой опыт дозволил фирмы сделать связь с наикрупнейшими поставщиками и изготовителями питания для спорта, что позволило сделать ценовую политику гибкой, а цены - демократичными! К примеру, аминокислоты или гейнер приобрести вы можете по цене, которая на 10-20% ниже, чем у конкурентов. Оплата возможна как наличным, так и безналичным расчетом. Магазин предлагает обширный выбор способов оплаты, включая оплату разными электронными платежными системами, а помимо этого дебетовыми и кредитными картами. Главный кабинет компании расположен в Санкт-Петербурге, однако доставка товаров осуществляется во все населенные пункты РФ. Кроме самовывоза, получить товар вы можете при помощи любой транспортной организации, найти которую каждый клиент может в индивидуальном порядке.

    BalasHapus
  4. Your car could be stolen if you don't remember this!

    Imagine that your car was taken! When you visit the police, they inquire about a particular "VIN search"

    Describe a VIN decoder.

    Similar to a passport, the "VIN decoder" allows you to find out when the car was born and who its "parent"( manufacturing plant) is. You can also find out:

    1.Type of engine

    2.Automobile model

    3.The limitations of the DMV

    4.The number of drivers in this vehicle

    You'll be able to locate the car, and keeping in mind the code ensures your safety. The code can be checked in the database online. The VIN is situated on various parts of the car to make it harder for thieves to steal, such as the first person's seat on the floor, the frame (often in trucks and SUVs), the spar, and other areas.

    What happens if the VIN is harmed on purpose?

    There are numerous circumstances that can result in VIN damage, but failing to have one will have unpleasant repercussions because it is illegal to intentionally harm a VIN in order to avoid going to jail or calling the police. You could receive a fine of up to 80,000 rubles and spend two years in jail. You might be stopped on the road by a teacher.

    Conclusion.

    The VIN decoder may help to save your car from theft. But where can you check the car reality? This is why we exist– VIN decoders!

    BalasHapus
  5. БК MelBet пользуется большой известностью на российском рынке: -Деятельность фирмы лицензирована; - Пользователям предоставлен внушительный перечень ставок - в формате live и предматчевых; - Здесь нет задержек с выплатами. Линия ставок невероятно презентабельна. Для того, чтобы получить прибыльный бонус на совершение ставок, следует всего только использовать промокод MelBet RS777. Получить промокод можно на ставку либо на депозит. Каждое предложение имеет свои особенности отыгрыша - промокод Мелбет при регистрации.

    BalasHapus