Selasa, 26 Juli 2011

KOPER MISTERIUS

                Minggu ,   24  juli   2011 . Hari  ini  aku  bagian  jaga  counter.  Seperti  biasa  counter  aku  buka  pukul  tujuh  pagi . Kata  ibu semakin  pagi  kita  membuka  usaha  semakin  banyak  rejeki  yang  akan  didapat.  Maklum sebagai  orang  Wiraswasta tidak  mungkin  mendapatkan  pensiun  seperti  PNS. Rejekipun   tidak  mungkin  datang  sendiri  jika  kita tidak  bekerja  dengan  sungguh 2.
                Yach…, Dengan  semangat  aku  mulai  membuka  counterku .  Sambil  berdoa  dalam  hati   semoga  saja  ada  rejeki  yang  datang  pada  hari  ini. Tapi…..Sampai  dua  jam  berlalu  belum  ada  pembeli  yang datang  mampir ke  counterku. Saat  itu  memang  sedang  hujan  gerimis  dan  udara  cukup  dingin. Hemm… Mungkin  karena  faktor  cuaca  itulah  yang  membuat  orang  enggan  keluar  rumah  sekedar  buat  beli  pulsa.
                Jam  terus  berlalu. Untuk mengusir  rasa  bosan  aku  lalu  menghidupkan  TV   daripada  duduk  bengong  dan  melamun . Kebetulan  ada  selintas  info  berita  di  RCTI.
                “  Ditemukan  mayat  tanpa  identitas  didekat  jalan  raya…,  Mayat  itu  dimasukkan  kedalam  koper  besar  warna  hitam.  Diduga  mayat  itu  adalah korban  pembunuhan.  Karena  diketemukan  bekas  cekikan dilehernya .  Mayat  itu  diketemukan  oleh pejalan  kaki  yang  kebetulan  melintas  dijalan  itu.  Karena  penasaran  melihat  koper  itu  ia  lalu  membukanya  dan  ternyata  koper  itu  berisi  mayat   perempuan  .  Korban  bercirikan  bla..bla…”
                Hemmm…., Kejahatan  dimuka  bumi  ini  hari  demi  hari  makin  sadis  aja..pikirku  dalam  hati  prihatin .  Apa  benar  ini  dikarenakan  bumi  yang  makin  tua..?? Saat  sedang  asyik  nonton  TV  tiba -  tiba  saja  ada  orang  yang  mengketuk  etalase  counterku .
                “  Permisi  mbak….”  Katanya .
                Kontan  saja  aku  menoleh ,  Aku  mengkerutkan  kening .  Laki 2  itu  setinggi  170 centi . Berkulit  gelap  dan  berbadan kekar  . Ia  tersenyum  padaku .
                “  Ya  mas..,  Ada  yang  bisa  saya  bantu..? “  Kataku  ramah mungkin  saja  ini  pembeli pertamaku .
“ Saya  bisa  nitip  koper  saya  sebentar  ngga  mbak..?  Hanya  10  menit  saja . Sim  dan  KTP  saya   ketinggalan  di  tempat  kost .  Saya  mau pulang  ambil  sebentar..”  Katanya  lagi  penuh  harap .
Dalam  hati  aku  mencelos , Yach…Bukan  pembeli.., sabar…Aku  menganggukkan  kepala  tanpa  melihat  koper  yang  ia  maksud .
“  Terima  kasih  mbak..”  Katanya  girang . “  Koper  saya  ,  saya  taruh  disini  ya  mbak..”  Katanya  lagi  sebelum  pergi .
Lima menit berlalu…Sepuluh  menit  berlalu  dan  akhirnya  satu  jampun  berlalu !!  Akupun  mulai  gelisah .  Diam -  diam  akupun  mulai  mendekati  koper  yang  ia  maksud  itu .  Dari  dalam  counter  memang  tidak  begitu  kelihatan .  Dan  ketika  aku  tahu..O..La..Dalah… Kopernya  guede  banget !!! .  Untuk  menyembunyikan  mayat  manusiapun pasti  bisa  masuk  kedalam  koper  itu .
Rasa cemas ,  Takut  dan  curiga  mulai  meresap  masuk  kedalam  hatiku .    Aku  membungkuk  dan  mengendus  -  endus  kearah  koper  itu.  Mungkin  saja  aku  bisa  membaui  sesuatu  dari  dalam  koper  itu .  Mungkin  saja  aku  bisa mencium  bau  amis  darah dari  dalam  sana .  Koper  itu  tidak  berbau.  Yach  mungkin  saja  pemuda  bertampang  sangar  tadi  membunuh  dengan  cara  mencekiknya  bukan  ditusuk. Jika  ditusuk  atau  dimutilasi  mungkin  saja  ada  baunya .  Atau  mungkin  pula  mayat  didalam  koper  ini  baru  berumur  satu  hari  jadi  belum  berbau.
Sekitar   dua  tahun  yang  lalu  ,  Dikotaku  ada  pembunuhan    sadis .  Korbannya  seorang  mahasiswi  yang  mayatnya  dimutilasi  oleh  pacarnya  sendiri .  Bagian  anggota  tubuhnya  dibuang  tersebar  diberbagai  kota  sampai  di  Yogya .  Jadi  mungkin  saja  koper  ini….
Aku  lalu mengangkatnya , Berat  sekali…!!!!! Yach..mungkin  saja  bukan   korban  mutilasi  tapi  mayat  utuh   yang  dimasukkan   kedalam  koper  seperti  berita  tadi .  Aku  mulai  bergidik  ngeri ,  padahal  sudah  2  jam  berlalu  semenjak  pemuda  tadi  menitipkan  kopernya  padaku .
Aku  tak  mau  dituduh  membunuh !!  Untung   saja  aku  sering   membaca  novel   Sidney  Sheldon  dan  detective  Conan .  Hingga  aku  sedikit  tahu  bagaimana  caranya  agar  tidak  menjadi  tertuduh  dalam  kasus  seperti  ini. Aku  mulai  memakai  sarung   tangan  dan  membasahi  sapu  tanganku  dengan  sedikit  air ,  Lalu  dengan  memakai  sapu  tangan  itu  aku  mulai  menghapus  sidik  jariku  di  koper  itu .  Aku  menoleh  kekiri  dan  kekanan  dengan  hati  cemas .  Takutnya  ada  orang  yang  memergoki  aksiku  ini .  Syukurlah  tak  ada  orang  yang  curiga .
Jalanan  masih  sepi  karena  hujan .  Kalaupun  ada  segelintir  orang  yang  lewat  mereka  sibuk  dengan  urusan  mereka sendiri .  Hingga  tak a da  waktu  buat  menoleh  dan  tertarik  denganku  dan  koper  besar  ini .  Kalaupun  mereka  melihat  ,  Mereka  pasti  berpikir  kalau  aku  sedang  membersihkan  koper  itu  dari  kotoran  karena  percikan  air  hujan  dan  lumpur .
Setelah  urusanku  selesei  aku  lalu  kembali  masuk  kedalam  counter . Jantungku  masih berdebar  keras .  Berapa  lama  pembusukan  daging  manusia  itu..???  Satu  hari..?? Dua  hari..??  Tiga  hari..??  pikirku  kalut  sambil  terus melototi  koper  itu . Ingin  kutendang  jauh  koper  itu  dari  hadapanku . Jika  tak  ingat  koper  itu  milik  orang .  Andaikan  saja  aku  bisa  membuka  koper  itu.. Sayang  sekali  koper  itu  dalam  keadaan  terkunci  rapat .
Bagaimana  jika  hari  ini  koper  itu  juga belum  diambil  oleh  pemiliknya..??  Haruskah  kumasukkan  kedalam  counter..??  Lalu…Bagaimana  jika  ternyata  dugaanku  benar..?? Koper  itu  berisi  mayat  manusia..??  Hieee…. Aku  tak  mau  ambil  resiko  itu  .  Tapi  bagaimana  jika  dugaanku  ternyata  keliru..??? Haruskah  aku  menelpon  polisi..??      Jika  sampai  malam  koper  ini  belum  juga  diambil  oleh  pemiliknya..??  Atau… Bagaimana  jika  kubuang  saja  koper  ini  jauh2  dari  counterku..??  Tapi… Jika  ternyata  benar  koper  ini  berisi mayat  bagaimana  jika  aku  nanti  jadi  si  TERTUDUH..???  Atau  bagaimana  jika  aku  keliru..??  Sudah  kubuang  dan  ternyata  besoknya  pemiliknya  datang..??  Waaaa  Aku  bingung  sekali .

Kembali  televisi  menayangkan  berita  kriminal .
“  Di  Jawa  barat  terjadi  ledakan  hebat  yang  diduga  dari  bom  rakitan .  Diduga  bom  itu  dimasukkan  kedalam  koper  dan  ditaruh..Bla..bla..”
Kembali  aku  menoleh  kearah  koper  itu .  Bukan..!!  jika  itu  bom  pasti  sudah  meledak  sejak  tadi .  Karena  tadi  aku  sempat  menendang  dan  membantingnya  !!

Tak  terasa  4  jam  telah  berlalu  dan  sipemilik  belum  juga  datang  mengambil  kopernya .  Aku  berjanji  dalam  hati .
“  Jika  dia  belum  juga  mengambil  kopernya ,  Demi  alasan  keamanan  sebagai  warga  negara  yang  baik  aku  wajib  melaporkan  hal  ini  kepada  POLISI..!! “
Hujan  telah  berhenti ,  Hanya  tinggal  rintik2  saja .  Dikejauhan  aku  melihat  orang  yang  sedang  berlari  sambil  memayungi    dirinya  dengan  sehelai  koran .  Ia  berlari  kearah  counterku .  Ketika  semakin  dekat  aku  lalu  mengenalinya  sebagai  sipemilik  koper .  Dalam  hati  aku  mendesah  lega . “ Untunglah  dia  datang….,  Hingga  aku  tak  jadi  tertuduh…”  Bisikku  dalam  hati .
Tapi  rasa  ingin  tahuku  tak  bisa  kubendung  lagi . Aku  ingin  tahu  apa  isi  dalam  koper  itu . Mayatkah..??  Atau  malah  BOM..??

Sipemilik  koper  tersenyum   manis   padaku   penuh  rasa  terima  kasih .
“  Makasih  mbak..,  Dan  maaf  lama ,  saya  terjebak  hujan  tadi  hingga  tak  segera  datang..”  katanya  sopan .
“ EEh  tak  apa -  apa..,  Saya  mengerti..”  kataku  gelagapan .  Aku  terdiam  sejenak  mengatur  kata -  kata ‘’ Tadi..ada  orang  gila  yang  menendang  koper  anda .  Jadi  sebaiknya  anda  periksa  dulu  isinya .  Saya  takut  ada  barang  yang  rusak  atau  pecah..”
Dia  tertawa ,
“  Ooh  tak  apa -  apa  kok  mbak…, “  Katanya  sambil  membuka  kopernya  dan  memperlihatkan  isinya  kepadaku “   Karena  dalamnya  hanya  berisi  celana  jeans .  Saya  ini  pedagang  pakaian  keliling .  Mbak  mau  beli..?? “  Katanya  membuat  aku  mencelos .
Kembali  hatiku  berkata ,
“  Untung  pula  dia  segera  datang ,  Hingga  aku  tak  jadi  mempermalukan  diriku  didepan  polisi  dengan  segala  macam  praduga  anehku  tadi..."

Tidak ada komentar:

Pasang Emoticon Anda!

Posting Komentar